10.31.2015

Hijrah

Karena proses hijrah adalah tentang hati.
dan hati seringnya bukan luluh karena argumentasi, melainkan cinta yang terasa dengan menunjukkan pada sesama bahwa kita mau mengerti. - Ust Salim A. Fillah, 2015

Hanyalah Seorang Hamba

"Aku memaknai hidup seperti A pangkat 0, hasilnya adalah 1. Bahwa jika kita membuang seluruh pangkat (identitas, profesi, harta, fisik, jabatan, dll) dari diri kita maka sesungguhnya kita hanya memiliki 1 jati diri, sebagai hamba Allah SWT." - anon, 2015

tau kan rumus matematika A pangkat 0 = 1
ternyata rumus itu dapat diaplikasikan ke kehidupan kita.
A untuk predikat dan segala embel2 di belakang kita. entah itu pendidikan, pangkat, latar belakang, masa lalu, fisik, apapun identitas yg menyertai kita, semua itu tidak ada. yg ada kita hanyalah 1. sebagai hamba-Nya.



dan ini berhubungan dengan apa tujuan kita hidup.
kalau ditanya seperti itu, maka jawabannya hanya 1:

وَمَاخَلَقْتُالْجِنَّوَالإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

”Dan tidaklah Aku menciptakan Jin dan Manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada-Ku” 
 (QS. Adz-Dzariyat : 56)

Jangan memandang ini adalah sesuatu yg sangat fanatik. apa-apa Tuhan, apa2 Tuhan sehingga tidak memandang urusan dunia.
Karena sesungguhnya Tuhan memerintahkan kita untuk menjaga dua hubungan ini secara seimbang. yaitu habluminallah dan habluminannas. hubungan secara vertikal dan horizontal.

kita dapat mengaplikasikan ibadah dalam segala hal di hidup kita. dalam setiap aspek hidup kita. insyaAllah hati akan senantiasa tentram..

10.24.2015

jalanku menemukanMu ternyata seperti ini ya Tuhan. selalu beri aku arah untuk menuju-Mu.
takdir yg Kau berikan sangat indah. takdir untuk menyadari bahwa landasan hidupku adalah karena dan untuk Engkau.

12.24.2014

Back to December

Lama tidak bersua, lamaaaaa sekali, dan jumpa2 sudah di bulan Desember lagi 
Tidak bisa berkata banyak, mau ujian soalnya (seperti biasa sok sibuk), iya eh tahun baru disambut dengan ujian :"( ngenes ya, gapapaaa demi jadi dokter yg mampu 
Desember tahun ini sangat indah
Sangaaaaat Indah
Doa ku desember yg lalu dikabulkan oleh Allah
Tidak muluk, sederhana tapi bahagianya sangat dalam
Terimakasih ya Allah kau hadirkan dia padaku, terimakasih kau menurunkan jawaban atas permintaanku "meminta org yg bisa aku buat berteduh"
Dia tidak sesempurna apa yg aku minta, dia berbeda, tapi aku tau selalu ada maknanya dibalik semua ini, selalu ada jalan. Dan aku sangat mensyukurinya :)
Entah bagaimanapun, aku tau Allah sudah menyiapkan semua yg terbaik :)
Byeee my December see you again next year 

1.23.2014

One missing thing

Dear anonim,
Besok seharusnya aku ada di depan rumahmu. Bertanya apakah 9bulan kemarin memang murni skenario atau tidak (ya, aku tau itu skenario). Skrip dibikin diawal atau dibiarkan mengalir. Entah untuk apa aku perlu tau hal itu. Menurutku itu penting. Aku tau, semua itu buat kamu "iseng" dan buat aku segalanya. I mean, pernah menjadi segalanya. 
 
Besok seharusnya aku menemuimu. Ada yg harus aku berikan. Buku itu, sketsa itu, kertas kertas itu, semua kenangan itu. Em, maksudku semua skenariomu itu. Entahlah, mungkin darisana kamu bisa melihat seperti apa cerita yg udah kamu desain.

Aku berpikir perlu bertemu denganmu untuk menutup buku ini.
Kata anonim yg lain, (psycopat yg lain), ibarat mau menutup buku tapi ada satu lembar yg hilang. Dan buku itu belum tertutup sempurna. Mau buka buku baru juga ga bisa karena kepikiran buku yg belum tertutup sempurna itu.

3 tahun berlalu dan.. Yah segalanya masih bisa aku ingat. Agak sakit sih ketika tau semua mua mua itu cuma skenario. Katakan, benar semua skenario? Termasuk perasaanmu? Apa itu dihitung skenario?
Apa dengan terjadinya skenario seperti itu menambah keuntungan buat kamu? Masih banyak pertanyaan di benakku. Entah, apa ini besok bisa tersampaikan. Atau.. Aku harus menutup buku itu tanpa perlu mencari cari lembaran yg hilang itu dan membuka buku yg lainnya.


12.09.2013

Hello December

Kadang, sering, tersirat perasaan pingin punya seseorang yang bisa buat tempat 'berteduh'.
Ketika hari begitu terik, atau hujan deras, aku tau aku harus kemana. 
Mungkin ini efek kelamaan jomblo deh. Haha 
Duh mblo.. Mblo..

Tapi ga segitunya pingin segera dapet cowok sih. Keliatannya kaya desperate amat --"
Sekarang mau pake prinsip membran sel, selective permeable. Ga semua mua di terima. Harus bener bener selektif. Yayalah umur udah tua gini ya masa main main pacarannya.

Sebenernya bukan pacar yg aku butuhin. Aku butuh orang yg bisa bilang ke aku "hey Ra, you can count on me" 

Apalagi dengan kondisi semua berantakan, semua sedang tidak berada pada tempatnya (bukan curhat kamar lagi berantakan, kebetulan lagi rapi emang), dunia seakan tidak pernah mendukung jalanmu, orang orang mengkhianatimu, ga ada yg bisa kamu percaya, segala ekspektasimu jauh dari kenyataan, apa yg kamu pilih ternyata mengecewakanmu. Gimana ga mental breakdown.

Kadang hidup yg kamu pikir sederhana, ternyata rumit. Kadang juga sebaliknya.
Kadang sebenernya semua baik baik aja, tapi pikiranmu yg berlebihan. Eh bukan pikiranmu yg berlebihan ding. Tapi perasaanmu, psikismu, yg mikir kemana-mana, mikir yg seharusnya ga usah dipikir sehingga pengaruh ke seluruh sel sel tubuh kamu. Bentar, aku ngomong apaan ya kayanya ngelantur banget -_-

(Terdiam 15 menit)

Oke

I'm fine.

Lebih dari baik.

Mungkin.. aku rasa sebuah kata 'semangat' bisa merubah hari mu.
Semangat ra. Semangat!

Anyway, Selamat datang Desember :)

10.26.2013

Semester 3

hi. long time no blogging.
seharusnya sih semester 3 ini lebih banyak waktu luangnya. matakuliah inti cuman biokimia sama faal. coba pas semester 1, kuliah emang biomed bioetik aja yg inti. yg lainnya kaya pelengkap gitu. tapi di fakultas dan univ manapun namanya maba mah sibuk banyak oprec banyak acara, entah itu buat ngejar skp, atau emang bagian dari serangkaian kaderisasi.

masuk semester 2. gila. gila banget. sempet kan aku posting disini gimana hecticnya kuliah semester 1. yg apa-apa aku selalu ujian ulang. ternyata pas masuk semester 2 itu bukan apa apa. di semester 2, ketemu anatomi histologi, baru deh berasa beneran make otak kedokteran itu kaya apa. lebih ke anatominya sih. histologinya masih bisa enjoy, liat liat mikroskop aja kan. yg anatomi ini looh :')

ketika semester 1 masih ada 1 hari yg kita bisa masuk siang, di semester 2 full kuliah senin-jum'at jam 7 pagi, pulangnya sore. masih inget banget hari hari kempus jaman semester 2 itu pas hari selasa kamis. kenapa? karena ada praktikum anatomi. pulang jam 4 sore itu pasti dari ujung rambut sampe ujung kaki udah full aroma formalin. sampe kos biasanya ga langsung masuk kamar, tapi mampir-mampir dulu di kamar anak-anak biar aroma formalinnya menyebar luas. HAHA. eh tapi seriously baunya itu bikin kempus. wajib hukumnya buat mandi besar tiap pulang kuliah hari selasa dan kamis.

pantes sih ada yg bilang ana'tod'mi, baru ngerti rasanya pas semester 2. ya gimana ya, pertama kalinya ngadepin cadaver (mayat buat praktikum). tapi kopdar kita yg pertama, untungnya ga seburuk apa yg aku bayangin. cadavernya masih utuh tapi hitam gitu. mungkin karena di awetin ya. di bayanganku itu cadavernya udah hancur hancur gitu. untungnya enggak. mungkin pas udah jadi DM pas stase forensik bakal nemu yg kaya gitu. whatever itu masih nanti.

diseksi (pembedahan) yg pertama, nyayat bagian pahanya pake scapel, dan megangnya gaboleh kaya megang pisau, karena kita bukan chef atau jagal. megang scapel harus kaya bolpen, dan diseksinya ga boleh terlalu dalem, pokoknya harus pas. pertama kali yg ngediseksi sih bukan aku ya. aku ga berani :| ada temenku Delia yg jadi pendiseksi pertama, dengan semangat 45 dan tanpa keraguan sedikitpun, malah mukanya sumringah banget. oke, rasanya agak ngeri gimana gitu ngeliat kulitnya copot dari badannya. ada lemaknya, ada ototnya dan etc etc. paling ngeri sih pas udah ke bagian perut. bersihin isi ususnya, motong hatinya, jantungnya (sekilas info aja, ternyata jantung isinya rumit banget. ga kaya jaman sma yang bentuknya lope lope terus ada pintunya 4 gitu ini rumit bets -_-), gergaji tulang rusuknya, sampe kebagian otak.. em. yaudahlah kayaknya ga perlu aku detailkan, demi kebaikan bersama. omongin ini emang agak gimana gitu ya karena gak umum sih.

pokoknya sejak kenal anat aku agak agak anti sama ayam atau daging2an. harapannya sih bisa sekalian ngurusin badan. tapi ga tau kenapa badan tetep aja endut pas semester 2 -_- btw buat mbah cadver kelompok ku, terimakasih atas kesediaannya, semoga ilmunya bermanfaat :')

yauda kaya gitu flashbacknya semester 1 dan semester 2.
sekarang semester 3.
semester 3 jadwal kuliah gak sebombastis pas semester 2 yg dari pagi sampe sore +nyisa bau formalin. semester 3 lebih santai (kalo diliat dari jadwal kuliahnya), cuman ya gitu... materinya aduhai. biokimia. kalo jaman SMA ada glikolisis, sekarang glikolisis hanyalah seperti butiran debu di padang pasir (halah). btw asik juga sih sebenernya biokimia. sekarang kan lagi in banget OCD, di biokimia juga dijelasin proses2nya gimana glukosa disimpen jadi lemak, gimana lemak diubah jadi atp. tapi itu bagian menyenangkannya. bagian tidak menyenangkannya masih banyak lagi.

belum lagi acaranya seabrek abrek. apalagi kemarin abis peringatan 1 abad pendidikan dokter di Surabaya. semuanya harus ngasih kontribusinya, termasuk aku. jadi sabtu minggu itu aku sibuk jadi panitia debat, malemnya ada acara penutupan dengan guest star iwan fals, sedangkan hari seninnya ujian faal. bingung sih antara mengabdikan diri buat acara 1abad, apa ujian faal. ngerasain 1 abad emang cuma sekali seumur hidup. tapi ngerasain ujian utama faal 1 itu juga cuman sekali. dengan mengorbankanacara penutupan alhamdulillah sukses melewati ujian. mungkin bakalan super sedih kalo udah ngelewatin acara penutupan dan ternyata masih gagal di ujian faal.

daan, bulan depan aku ada project ngisi acara medspin. tahun lalu aku juga ngisi sih bagian closing, tapi kan cuman nari aja. kali ini enggak. aku jadi pj nya ._. yg berarti aku harus mikirin konsep, lagu, gerakan, jadi pelatihnya, dan lain lain lain. padahal ujian biokim didepan mata. belum lagi ada distraksi2 lain, seperti kuatnya godaan bermain modoo mungkin hahaha. tapi serius game itu bikin addict banget T.T kayaknya emang sifat wajibnya game online kayaknya emang bikin addict ya -_- untungnya modem aku agak labil pas di kosan jadinya ga betah2 banget sih modoan di kosan. kalo di rumah kaya sekarang misal, hasrat buat modoan sangatlah besar. palingan abis ini mau modoan. hehehe ._.v

fyi aja, kakak dance aku yg udah DM (dokter muda)dan sekarang lagi siap siap UKDI, pas yudisium kemarin masuk 10 besar DM. padahal dia juga latian, bikin konsep dan meluangkan waktunya bangetlah buat ngedance bareng. dan dia bisamasuk 10 besar DM itu kan wow banget. aa sumpah asli pgn banget kaya gitu. aktif di luar tapi akademiknya juga sip.

doakan ajalah semoga semester 3 ke depannya lancar. kuliahnya lancar, yg lain lainnya juga lancar. termasuk jodoh. ea. hahaha

yeye

yeye
(farah-citra-unni-umma-veta-me-fira)this is my best-best-bestfriends ever
 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com