Challenge - Day 8

Day 8 - Three things you want to say to different people

buat Papa Mama, papa dan mama itu different people kan? mama cewek. papa cowok.
maunya yang pertama sih Tuhan. tapi Tuhan bukan people. jadinya yg urutan ke dua, naik ke urutan pertama, Papa Mama.
Untuk mereka aku mau bilang 3 hal:

maaf 
karena aku masih saja mengecewakan mereka, terlebih lebih saat pengumuman snmptn dulu.
keluargaku bukan keluarga berada. keluarga aku sebenernya sederhana, ga suka hambur-hamburin uang yang berlebihan. tapi untuk pendidikan, beda lagi ceritanya.
dari kelas satu semester 2, aku udah di les-in ke lembaga bimbel namanya Peter. disana kebanyakan yg les ya anak-anak cina soalnya lokasi persis di depan SMA Kolese Santo Yusuf yg dimana terkenal muridnya kalo istirahat hobinya baca buku di kelas dan di perpus. dan di Peter itu mahal nya minta ampun. tapi tetep, Mama keukeuh nge-les-in aku disana sampe kelas 3. selain itu aku juga di les-in di GO yg TWT (The Winning Team), program khusus fokus ke snmptn. 2 bulan sebelum snmptn juga aku nambah lagi bimbel di Neutron. pokoknya uang keluar muluuu.

tapi.
tapi tapi tapi tapi

hari itu. malam itu. pukul 7 tanggal 6 bulan 7 tahun 2012.

satu kata, yg sempet aku baca dari pengumuman snmptn.... " Maaf, "

aku sempet hang. dan gak percaya. aku refresh. tetep di awal kalimat yg muncul " Maaf " bukan " Selamat"

mama meyakinkan arti kata tersebut, " Kamu gak lolos ra"

... aku nangis. ya Allah. betapa hina nya aku udah pede masuk, udah pede lolos, udah pede bisa ngerjain soal snmptn, dan pengumuman menyatakan aku gak lolos. aku terlalu sombong. aku takabur.
aku cuma nangis.
yang paling bikin sakit. lihat muka kecewa mama.
papa, papa lagi ga dirumah saat itu. tapi papa telpon mama pingin ngomong sama aku. aku ga bisa ngomong. aku ga mau ngomong sama papa. aku ga mau denger suara kecewa papa.
aku inget banget beberapa hari terakhir sebelum pengumuman papa udah ngewanti-wanti, " anggap aja kamu gak lolos ra, jadi nanti kalau ternyata kamu lolos ya syukur alhamdulillah, kalau gagal gak terlalu jatuh-jatuh banget dan masih semangat buat ikutan tes tes yang lainnya"

sedangkan TL masih berjalan begitu cepat. banyak ucapan " Alhamdulillah " dimana mana. aku seneng ngeliatnya. selamat teman teman :')

***

masih malam hari tanggal 6. aku langsung buka buku lagi, belajar lagi sambil masih terisak. dan mama yang jarang sekali mau maunya naik ke atas, ke kamar buat temenin aku belajar. aku pingin banget bilang, " Ma, maaf" tapi gak bisa. lidah ku kelu.

lalu Mama turun ke bawah. selang beberapa menit kemudian, aku juga turun ambil minum di dapur. pas lewat kamar mama, aku denger beliau telpon papa. suara mama terisak-isak. " Aku saaken pa ndelok Rara nangis, ga tego, aku maleh melok nangis pisan"
denger itu, air mataku banjir lagi.



terimakasih
terima kasih untuk doa, support mental maupun finansial, dan semua.


besoknya, papa yg terbang dari Makassar, istirahat sebentar dirumah 2 jam, langsung anterin aku ke surabaya buat tes SIMAK UI. papa terus kasih aku semangat "sudah gapapa, mungkin sama Tuhan kamu disuruh belajar lagi, pokoknya tetap semangat gak boleh putus asa"

Alhamdulillah.. alhamdulillahirobbilalamin papa masih terus kasih aku support.
seandainya papa malah marah-marahin aku, mungkin aku sekarang ga tau kayak gimana.

di Surabaya, tepatnya di SMAN 9, tempat lokasi ujian, disana juga masih banyak anak-anak yang lanjut berjuang buat dapetin kursi kuliah. ternyata aku gak sendiri.
disanalah semangatku mulai muncul lagi.

pulang dari tes SIMAK UI, aku terus cari info di internet, Universitas mana aja yang masih buka pendaftaran mandiri. dan tentu biaya pendaftaran nya pun gak murah. aku lapor ke papa, dan papa selalu jawab " udah ikut aja gapapa sekalian try out. uang gak masalah yg penting kamu tetep semangat belajar "
dan jadilah aku daftar di berbagai tempat. UNS, Unmuh, Unair, UB dan terakhir Undip.

aku juga kadang-kadang mampir ke GO buat belajar lagi sama anak-anak disana. awalnya malu sih, gak pede. apalagi kalo ditanyai tentor, "kuliah dimana?" .............
tapi lama kelamaan gak malu, soalnya banyak temen seperjuangan. kayak: Sandy, Putu, Wika Danu, Uin, Puput.

pengumuman kedua setelah pengumuman SNMPTN, yaitu UNS. modelnya UNS cuma butuh nilai pas SNMPTN dulu terus ya gede-gedean nilai gitu. dan sialnya aku gak lolos lagi.
gagal 2 kali sebenernya udah cukup bikin aku rada down.

tapi tiap tes ngeliat buanyaaaaaak banget anak yang ngebet kedokteran, malah bikin aku jadi semangat. sainganku banyak. buat masuk kedokteran itu susah banget.dulu aku kira mandiri cuma perlu uang buat uang gedung, ya tau sendiri biaya uang gedung nya kedokteran rada gila. aku kira cuma perlu itu. tapi ternyata enggak. saingan yang buanyaknya kaya gitu gak mungkin kalo cuma ngandalin uang gedung. aku kudu belajar. aku gak boleh kalah.

dan.. alhamdulillah jadilah aku sekarang tercatat sebagai maba di Universitas Airlangga :')

aku trenyuh, kemarin pas buka puasa, papa ngomong gini di meja makan
" Ra, kalo papa inget gimana pas itu susahnya kamu cari tempat kuliah, ngeliat gimana kamu berusaha semangat belajar lagi, papa ikhlas tentang biaya kuliah mu itu. masalah mandiri atau snmptn itu hanya jalur, yang penting sekarang udah dapet. jangan disia-siakan. suatu saat, kalo kamu nyelentang lagi dari jalan mu, inget-ingeten betapa susahnya kita pas carikan kamu tempat kuliah. mondar mandir kesana kemari. kamu juga kudu buka buku lagi sementara temen-temen kamu yang lainnya pada hura-hura. dan gimana beratnya persaingan masuk kedokteran. nanti di surabaya yang bisa jaga diri, jaga nama baik keluarga"

I will be your daughter that never make you disappointed again . I promise 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Challenge - Day 6

akhirnya BERHASIL horeeeeeeeeeee

Pertama ..